Minggu, 08 Juni 2014

http://images.detik.com/content/2014/04/23/398/0cover.jpg ilustrasi (istimewa)
Jakarta - Saat ini kita hidup di era digital. Coba tengok di sekeliling kita, hampir semua perangkat yang kita lihat sudah dapat dihubungkan dengan jaringan komputer, seperti IP Phone, IP Camera, IP Printer, AC, dan TV, bahkan pintu dan jendela rumah.

Teknologi digital menjadikan apa yang dulu kita lihat hanya ada di film, ternyata sudah dapat diaplikasikan di dunia nyata.

Pemanfaatan teknologi digital ini, tak dipungkiri lagi telah membantu kita menjadi lebih efisien dan efektif. Teknologi digital yang tepat guna dalam dunia bisnis tentunya dapat memberi manfaat yang luar biasa bagi kelancaran bisnis, menghemat waktu dan menekan biaya operasional.


 Sumber : CISCO dan http://www.sustainablecitynetwork.com/


Integrasi Perangkat Komunikasi Berbasis Jaringan

Saat ini perangkat yang mampu terhubung dengan jaringan komputer terus dikembangkan di berbagai sektor. Di perkantoran, rumah tinggal, sekolah, bahkan kegiatan militer, kini sudah mulai memanfaatkan perangkat dengan berbasis jaringan.

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, maka integrasi perangkat dapat makin mudah dilakukan. Hal ini tentunya akan semakin mempermudah kita dalam beraktivitas dan berinteraksi.
Begitu juga halnya dengan teknologi komunikasi. Update informasi atau data dapat dilakukan makin mudah dan cepat, tanpa batasan waktu dan lokasi.

Sebagai contoh adalah inovasi teknologi yang menggabungkan telepon dan handy talkie (HT) atau walkie talkie. Teknologi ini sudah dimanfaatkan di sektor komersial seperti pertambangan untuk memudahkan dan memperlancar komunikasi dan koordinasi antara pekerja di lapangan dan di kantor. Sektor pemerintahan pun sudah menerapkan teknologi ini untuk kebutuhan militer/sektor pertahanan keamanan.

Proteksi Keamanan Berbasis Analitik

Bicara tentang keamanan, masih ingat dengan tayangan rekaman video CCTV di televisi yang memperlihatkan aksi komplotan pencuri tas pengunjung di sebuah restoran cepat saji di salah satu pusat perbelanjaan di Tangerang?

Tayangan tersebut menampilkan dua orang pemuda yang ikut membaur duduk di area restoran dan tak disadari oleh si korban bahwa tasnya telah berpindahtangan ke komplotan pencuri tersebut.

Pemanfaatan CCTV tentunya menjadi salah satu solusi yang dapat diandalkan untuk membantu menciptakan jaminan keamanan. Namun apakah CCTV yang digunakan sudah tepat guna?

Sayangnya, saat ini pemanfaatan CCTV bisa dibilang masih terbatas hanya sebagai alat perekam. Di negara-negara maju, pemanfaatan CCTV sudah jauh lebih canggih. Mereka memanfaatkan perangkat CCTV dengan teknologi video surveillance untuk mengamankan area publik atau area yang banyak bersinggungan dengan publik.
Dari studi uji efektivitas sistem video surveillance di Inggris -- negara dengan pemanfaatan video surveillance terbanyak dibanding negara lain -– menunjukkan adanya penurunan tingkat kejahatan yang signifikan di pusat-pusat kota, perumahan, angkutan umum, dan area parkir yang telah dipasangi video surveillance.

Fungsi utama dari video surveillance adalah untuk menjawab kebutuhan yang bersifat pencegahan. Saat ini video surveillance bahkan sudah dilengkapi pula dengan fitur video analytic, dan dapat diintegrasikan denganperalatan keamanan lainnya seperti alarm, pemadam kebakaran, SMS gateway, bahkan sampai HT.

Kejadian yang terekam oleh kamera video surveillance dapat langsung di-broadcast ke ponsel pintar, IP Phone, dan HT, sehingga pengguna dapat melihat atau mendengar langsung kejadian yang tengah terjadi.

Saat CCTV biasa masih menggunakan boks penyimpanan khusus DVR, maka teknologi video surveillance sudah memanfaatkan server untuk penyimpanan rekamannya. Server ini dapat dihubungkan dengan media penyimpanan eksternal sehingga mampu menyimpan rekaman lebih banyak tanpa dibatasi jumlah kamera dan jumlah user login.

Smart Building

Lebih jauh lagi, teknologi video surveillance juga dapat diintegrasikan dengan access control, untuk mengontrol pintu, jendela atau akses masuk lainnya, alarm kebakaran, hingga panggilan darurat.

Bayangkan jika sebuah teknologi video surveillance digabungkan dengan teknologi biometrik pengenal wajah yang diaplikasikan di sebuah apartemen. Saat memasuki lobi apartemen, kita sudah disambut kamera canggih yang mampu mengenali wajah orang-orang yang memasuki apartemen tersebut.
Saat menunggu lift, secara otomatis kamera mengenali wajah kita dan mengarahkan lift menuju lantai di mana kita tinggal. Setibanya di depan kamar apartemen, pintu otomatis terbuka, dan AC langsung menyala. Semua peralatan elektronik akan beroperasi sesuai yang kita program, bahkan tanpa sentuhan tangan sekalipun.

Pengguna tidak perlu lagi mendekatkan kartu pada reader, menempelkan jari pada scanner ataupun menekan tombol untuk membuka pintu. Fitur pengenalan wajah (face recognizer) dapat menentukan apakah orang tersebut diperbolehkan mengakses ruangan atau tidak.

Teknologi di atas adalah konsep baru yang sejalan dengan perkembangan perangkat berbasis jaringan, yang dikenal dengan nama Smart Building. Smart Building adalah suatu sistem yang menggabungkan beberapa perangkat jaringan menjadi satu kesatuan, yang bertujuan menyajikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan. Yang tak kalah pentingnya, teknologi ini mampu menjadi solusi untuk menghemat energi.

Skenario di atas adalah satu contoh pemanfaatan Smart Building pada apartemen, yang juga dapat diterapkan di gedung perkantoran misalnya. Mulai dari pengaturan lampu, AC, hingga berbagai peralatan rumah tangga dapat dikendalikan dengan menggunakan suara, sinar infra merah, kamera, gadget, atau melalui kendali jarak jauh (remote control). Smart Building saat ini sudah banyak diaplikasikan di negara maju dan negara-negara berkembang lainnya.

Sumber : eControl.me

Dengan melihat kondisi saat ini dimana era digital sudah merambah ke berbagai unsur kehidupan, tentu ini merupakan peluang yang tepat untuk mulai berinvestasi di dalamnya. Pemanfaatan teknologi berbasis jaringan IP Phone, IP Camera, Smart TV, dan integrasinya kedalam satu kesatuan teknologi bernama Smart Building dapat menjadi pilihan tepat guna mendapatkan jaminan kenyamanan, keamanan, kemudahan, dan penghematan energi. Siapkah Anda?

sumber: detik.com

0 komentar:

Posting Komentar