Selasa, 03 Juni 2014

Ini Tren Pemanfaatan Teknologi di Sektor Finansial  
Pegawai Pasar Modal Athena berjalan melewati sebuah pohon natal dan layar monitor yang menunjukkan penurunan index harga saham, Senin (12/12). AP Photo/Petros Giannakouris.
TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Direktur PT eBiz Cipta Solusi, sebagai penyedia solusi teknologi informasi bagi perusahaan, Dedy Effendi Lingga, menyebutkan empat tren pada sektor finansial di Indonesia. Tren yang dia sebutkan mengacu pada pertumbuhan Internet secara global.

"Pertama adalah mobilitas yang memudahkan transaksi dari perangkat mobile," ujar Dedy di Jakarta, Selasa, 3 Juni 2014.

Seperti diketahui, kini sebagian bank nasional maupun internasional menyediakan aplikasi yang bisa diunduh pada telepon pintar dan sabak digital. Karena itu, untuk bertransaksi, nasabah tidak harus bertatap muka dengan petugas di bank.

Kedua adalah media sosial yang memudahkan komunikasi antara nasabah dan bank. Ini juga memudahkan bank dalam menawarkan produknya.

Tren ketiga adalah teknologi berbasis cloud alias komputasi awan. Teknologi ini diklaim mampu menggantikan fungsi server untuk menyimpan data dalam jumlah besar. "Semakin banyak data, semakin banyak informasi yang harus diolah dengan terstruktur," kata Dedy.

Selanjutnya, tren keempat adalah pemanfaatan big data yang digunakan sebagai acuan bagi perusahaan. Dalam menjalankan konsep big data, dibutuhkan teknologi informasi yang memadai di perusahaan. "Konsep ini mampu mengambil history data untuk dianalisis," ucap Dedy.

Analisis itulah yang kemudian dijadikan perusahaan sebagai panduan untuk mengevaluasi perusahaannya. Dedy juga mengatakan analisis digunakan oleh perusahaan untuk mengeluarkan kebijakan.

Riset lembaga International Data Corporation (IDC) menyebutkan perusahaan besar yang mengambil manfaat dari data berpotensi menambah penghasilan sebanyak Rp 92 triliun. Bisnis dengan data yang beragam dan teknik analitis baru akan menghasilkan kesimpulan yang lebih cepat. Penelitian tersebut dilakukan bersama Microsoft secara global.

SATWIKA MOVEMENTI

sumber: tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar