Selasa, 03 Juni 2014

Headline
INILAHCOM, Taipei - Ford turut ambil bagian di ajang Computex 2014 yang kini sedang berlangsung di Taipei, Taiwan. Di gelaran tersebut, produsen otomotif AS ini memperkenal sebuah teknologi keamanan baru yang disebut Ford V2V. Apakah itu?

Ford siap menunjukkan teknologi eksperimental Vehicle-to-Vehicle (V2V) untuk pertama kalinya di Asia Pasifik pada perhelatan pameran Computex 2014 tengah berlangsung di TWTC Nangang Exhibition Hall, Taipei, Taiwan.

Teknologi Ford V2V ini dipasangkan pada dua unit Ford Kuga. Demonstrasi teknologi baru ini berlangsung di area parkir Miramar di pusat kota Taipei, tidak jauh dari lokasi digelarnya Computex 2014.

Teknologi ini menunjukkan bagaimana mobil satu sama lain dengan menggunakan sinyal seperti WiFi untuk membuat pengendaraan lebih aman sehingga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya kecelakaan.

"Teknologi Ford V2V yang kami tampilkan di Computex hanyalah satu dari banyak cara yang dilakukan Ford dalam memimpin penelitian dan pengembangan otomotif berteknologi tinggi," kata Trevor Worthington, Vice President Product Development Ford Asia Pasifik, seperti dilansir Forbes.

Teknologi yang pernah ditampilkan pada CES 2014 ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi jika mobil-mobil di dekatnya memiliki kondisi darurat seperti melakukan pengereman mendadak, menyusul atau terjadi kecelakaan.

Sehingga sebelum ikut menjadi salah satu bagian dari kecelakaan, mobil sudah memberitahukan pengemudi untuk semakin waspada menghadapi situasi yang berbahaya.

Ford V2V dikembangkan oleh Ford bersama dengan St Petersburg Polytechnic University, Russia, yang awalnya merupakan teknologi komunikasi yang digunakan antar robot.

Menurut Worthington, kehadiran teknologi anyar ini adalah bukti komitmen Ford untuk melindungi konsumen dari kecelakaan lalu lintas dengan membuat mobil berteknologi canggih yang mampu berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

"Kami senang konsumen di Taiwan akan memiliki kesempatan untuk melihat secara dekat dan langsung teknologi Ford V2V dan teknologi kami lainnya di Computex," imbuh Worthington.

Penasaran bagaimana teknologi ini bekerja? Simak saja langsung video di bawah yang dipublikasikan oleh TheVerge setelah mencobanya di gelaran CES 2014 awal tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar