Jumat, 20 Juni 2014

Perkembangan teknologi untuk menemukan bahan bakar yang ramah lingkungan terus dilakukan oleh para peneliti dunia. yang terbaru, dalam paper ACS Journal Energy & Fuels, terdapat sebuah cara unik untuk menggerakkan kendaraan bermotor. Bukan menggunakan bensin, bio gas ataupun sejenisnya. Namun para peneliti memakai kopi sebagai pengganti bbm.
Dalam paper itu disebutkan bahwa ekperimen serta investigasi terhadap kemungkinan pemakaian kopi sebagai bahan bakar telah dilakukan. Untuk melakukan hal ini, kopi-kopi tersebut terlebih dahulu harus direndam dalam pelarut organik. Langkah ini dilakukan untuk mengumpulkan minyak yang ada di dalam kopi itu.
Spoon the ground coffee, against the grain.
Salah satu peneliti bernama Dr. Chris Chuck mengatakan kalau setiap tahunnya sebanyak 8 ton kopi telah diproduksi secara global. Dia pun menyebut kalau ampas bubuk kopi yang dihasilkan mempunyai kandungan minyak sebesar 20 persen per unit berat. Dan minyak tersebut mempunyai kesamaan dengan bahan lain yang kerap digunakan sebagai bio fuel.
Dr. Chris Chuck melanjutkan kalau semua jenis kopi bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor ramah lingkungan. Bahkan 10 kilogram ampas kopi diperkirakan bisa digunakan untuk menghasilkan sebanyak 2 liter bio fuel.
via Softpedia

0 komentar:

Posting Komentar